Kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali adalah sesuatu peristiwa di akhir zaman yang selalu diharapkan oleh orang-orang percaya yang merindukan Tuhan Yesus. Hal-hal yang sering dipertanyakan adalah sebagai berikut:

  • Kapankah kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali?
  • Bagaimana cara kedatanganNya?

Waktu Kedatangan Tuhan Yesus yang Kedua Kali

Melihat judul di atas, mungkin anda berharap untuk mengetahui tanggal kalender kedatangan Tuhan Yesus, tetapi menurut Alkitab:

Markus 13:32 Tetapi tetang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja.

Jadi sudah sangat jelas, jikalau anda mendengar orang-orang yang mengakui atau biasanya berprofesi sebagai hamba Tuhan dan menyatakan tanggal kalender yang tepat mengenai kedatangan Tuhan Yesus, maka sebaiknya anda tidak mempercayainya karena sudah jelas sekali bertentangan dengan apa yang dinyatakan di Alkitab, karena Tuhan Yesus sendiri yang sebagai salah satu pribadi dari tiga pribadi Allah yang pada waktu itu sebagai manusia tidak mengetahuinya, apalagi kita manusia.

Perlu diketahui, menurut Alkitab, kedatangan Tuhan Yesus akan terjadi di masa depan ternyata akan terjadi dua kali yang dipisahkan oleh perjanjian bangsa Israel dengan Antikris selama 7 tahun:

  1. Kedatangan yang pertama adalah kedatangan Tuhan Yesus yang tidak menginjak kakiNya di atas bumi, membangkitkan dan mengangkat semua orang-orang percaya.
    Baca Pengangkatan Orang-Orang Kudus (Rapture).
  2. Kedatangan yang kedua adalah kedatangan-Nya di mana Dia turun, menginjakkan kakiNya di atas bumi untuk mengalahkan Antikris dan menangkap Iblis.

Kedatangan Tuhan Dalam/Di Atas Awan-Awan

Ada beberapa ayat-ayat yang bisa diambil dari Alkitab mengenai kedatangan Tuhan Yesus.

Markus 13:26-27 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan pada waktu itu pun Ia menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit.

Kisah Para Rasul 1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari padangan mereka.

Kisah Para Rasul 1:10-11 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah orang yang berpakaian putih dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kau berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Dari ayat-ayat di atas, sangat jelas kita bisa menyimpulkan dengan jelas bahwa Yesus akan datang kembali, turun dari langit dalam/di atas awan-awan bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

Melakukan Kehendak Bapa dan Berjaga-Jaga

Namun yang terpenting bagi semua orang yang akan diselamatkan adalah melakukan kehendak Bapa, hidup sesuai dengan Firman Tuhan dengan segala ketaatan dan berjaga-jaga selalu, karena kita tidak tahu kapan hari itu tiba.